Touring Trowulan Park 21 November 2010

Senin, 22 November 2010

John F Kennedy | Terbunuh di 22 Nov 1963

John Fitzgerald Kennedy (lahir di Brookline, Massachusetts, 29 Mei 1917 – meninggal di Dallas, Texas, Amerika Serikat, 22 November 1963 pada umur 46 tahun), sering disebut John F. Kennedy, Kennedy, John Kennedy, Jack Kennedy, atau JFK adalah Presiden Amerika Serikat yang ke-35. Pada 1960, ia menjadi termuda yang dipilih menjadi Presiden Amerika Serikat dan termuda kedua setelah Theodore Roosevelt untuk jabatan presiden. Kennedy menjadi presiden setelah dilantik pada 20 Januari 1961. Jabatan kepresidennya terhenti setelah terjadi pembunuhan terhadap dirinya pada 1963. Ia tewas oleh terjangan peluru saat melakukan kunjungan ke Dallas (Texas) pada 22 November 1963. Kennedy roboh saat mobil terbuka yang membawanya melintas di kerumunan orang yang menyambut kunjungannya. Pada 25 November 1963, jenasahnya dimakamkan di Arlington, Washington, DC. Sebanyak 800.000 orang ikut berkabung di jalanan Washington.

Kennedy adalah anggota klan Kennedy yang berdarah Irlandia-Amerika, sebuah keluarga terkemuka di dunia politik negaranya. Ia dianggap sebagai lambang liberalisme Amerika. Pada Perang Dunia II, ia dikagumi karena keberanian dan heroismenya ketika ia menyelamatkan seorang rekan pelaut di Samudra Pasifik Selatan. Kennedy mewakili Massachusetts pada 1947–1960, sebagai anggota Dewan Perwakilan dan Senat AS. Ia terpilih sebagai Presiden pada 1960 dengan kemenangan yang tipis dalam salah satu pemilu yang paling ketat dalam sejarah Amerika.

Kennedy adalah orang termuda yang terpilih sebagai presiden (jangan disamakan dengan orang termuda yang memegang jabatan presiden, sebuah rekor yang dipegang oleh Theodore Roosevelt), presiden AS pertama yang lahir di abad ke-20, dan juga presiden termuda yang meninggal.

Hingga 2005, ia juga merupakan satu-satunya pemeluk Katolik Roma yang pernah terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat, presiden pewakil Partai Demokrat dari Utara terakhir, dan presiden terakhir yang meninggal sewaktu menjabat.

Setelah pembunuhan John F. Kennedy pada 22 November 1963, dunia turut berduka cita atas kematiannya.

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh C-SPAN yang mengurutkan presiden AS, sebuah panel sejarawan memberikan dia nilai di posisi kedua dalam keseluruhan dan populasi umum memberikan dia peringkat ketiga dari empat puluh dua presiden yang pernah menjabat. Agendanya tidak selesai karena kematiannya; kebanyakan kebijakan hak masyarakatnya menunjukkan hasil melalui penerusnya, Lyndon B. Johnson.

Keajaiban statistik Presiden Amerika Serikat

Dari daftar seluruh Presiden Amerika Serikat ada keajaiban statistik khususnya mereka yang mengalami nasib buruk ketika memegang jabatan.

Perhatikan bila seorang Presiden terpilih dengan tahun yang berakhir dengan 0. Juga perhatikan perbedaan tahun pengangkatan diantara mereka adalah 20 tahun.

* 1840: William Henry Harrison (meninggal di masa jabatan)
* 1860: Abraham Lincoln (terbunuh di masa jabatan)
* 1880: James A. Garfield (terbunuh di masa jabatan)
* 1900: William McKinley (terbunuh di masa jabatan)
* 1920: Warren G. Harding (meninggal di masa jabatan)
* 1940: Franklin D. Roosevelt (meninggal di masa jabatan)
* 1960: John F. Kennedy (terbunuh di masa jabatan)
* 1980: Ronald Reagan (mengalami percobaan pembunuhan di masa jabatan)
* 2000: George W Bush (mengalami pelemparan sepatu oleh wartawan di masa jabatan)

Persamaan yang janggal antara Presiden Lincoln dan Kennedy
  • Abraham Lincoln terpilih ke Kongres di tahun 1846.
  • John F. Kennedy terpilih ke Kongres di tahun 1946.
  • Abraham Lincoln terpilih sebagai Presiden di tahun 1860.
  • John F. Kennedy terpilih sebagai Presiden di tahun 1960.
  • Kedua-duanya adalah pejuang hak-hak sipil.
  • Kedua-duanya tertembak pada hari Jumat.
  • Kedua-duanya tertembak di kepala.
  • Sekretaris Presiden Lincoln bernama Kennedy.
  • Sekretaris Presiden Kennedy bernama Lincoln
  • Kedua Presiden terbunuh oleh orang yang berasal dari Selatan.
  • Kedua Presiden digantikan oleh orang dari Selatan yang sama-sama bernama Johnson.
  • Andrew Johnson, yang menggantikan Lincoln, lahir di tahun 1808.
  • Lyndon Johnson, yang menggantikan Kennedy, lahir di tahun 1908.
  • John Wilkes Booth, yang membunuh Lincoln, lahir di tahun 1838.
  • Lee Harvey Oswald, yang membunuh Kennedy, lahir di tahun 1938.
  • Kedua pembunuh mempunyai nama berisi 15 huruf.
  • Lincoln tertembak di teater bernama Ford.
  • Kennedy tertembak di dalam mobil bermerk 'Lincoln' dibuat oleh pabrik Ford.
  • Booth dan Oswald terbunuh sebelum masuk pengadilan.
  • Satu minggu sebelum Lincoln tertembak, ia berada di Monroe, Maryland.
  • Satu minggu sebelum Kennedy tertembak, dia bersama Marilyn Monroe.
Bandar Udara Internasional John F. Kennedy

Bandara Internasional John F. Kennedy (IATA: JFK, ICAO: EWR) adalah bandara internasional yang terletak di Jamaica, Queens kota New York, negara bagian New York, Amerika Serikat.

Bandara ini merupakan salah satu gerbang masuk ke Amerika Serikat dan merupakan penghubung utama JetBlue Airways yang terletak di Terminal 6. JFK juga dipakai sebagai penghubung kedua American Airlines yang terletak di Terminal 8 dan 9. Delta Airlines memakai bandara ini sebagai penghubung keempat terbesar mereka di Terminal 2 dan 3. British Airways memakai bandara ini sebagai penghubung kota London dengan frekuensi penerbangan 8 kali sehari dan United Airways memakainya dengan frekuensi penerbangan 16 kali sehari.

Bandara ini dioperasikan oleh Port Authority of New York and New Jersey. Port Authority of New York and New Jersey juga mengoperasikan Bandara Internasional Newark Liberty, Bandara LaGuardia, dan Bandara Teterboro.

Sejarah

Konstruksi JFK dimulai pada tahun 1942. Hanya dengan 1000 area bandara ini mulai dibuat. Bandara ini dibuat di atas lapangan gold Idlewild, karena itu akhirnya bandar ini diberi nama Bandara Idlewild.

Penerbangan komersial pertama dimulai pada tanggal 1 Juli 1948. Nama bandara ini dirubah menjadi Bandara Internasional New York pada tanggal 31 Juli 1948, tetapi masih dengan kode IATA yang sama seperti sebelumnya, yaitu IDL.

Dengan semakin berkembangnya penerbangan, bandara ini pun ikut berkembang. 4000 are dan 8 terminal ditambahkan untuk memperluas bandara ini. Bandara ini sempat menjadi penghubung banyak perusahaan penerbangan, seperti Pan American World Airways, TWA, dan Eastern Air Lines.

Pada tahun 1957 dibuka Bangunan Kedatangan Internasional (International Arrivals Building)> Kedelapan terminal lainnya dibuat dari tahun 1958 sampai 1971.

Pan Am Worldport, yang sekarang dikenal dengan Terminal 3, dibuka pada tahun 1962. Terminal ini merupakan terminal yang memperkenalkan sebuah jembatan khusus yang menghubungkan terminal dengan pesawat terbang, sehingga penumpang tidak perlu untuk menaiki tangga lagi.

TWA Flight Center, yang sekarang dikenal dengan Terminal 5, juga dibuka pada tahun 1962. Terminal ini didesain oleh Eero Saarinen. Dengan berhentinya Trans World Airlines dari kegiatan operasional, maka terminal ini ditutup. JetBlue Airways telah mengumumkan untuk menyimpan terminal ini sebagai konstruksi ulang Terminal 5 Baru (New Terminal 5).

Untuk mengingat peristiwas pembunuhan presiden John F. Kennedy, bandara ini diberi nama Bandara Internasional John F. Kennedy pada tahun 1963. IATA memberi kode baru pada bandara ini, yaitu JFK. Kode ini menjadi terkenal di seluruh New York dan bandara ini lebih dikenal dengan sebutan JFK.

Pada 1970-an, Terminal 3 dan 5 dimodifikasi agar dapat menampung Boeing 747. Pada tahun 1988, AirTrain JFK dibangun. Kereta cepat tersebut menghubungkan setiap terminal dengan sistem kereta bawah tanah kota New York, kereta komuter Howard Beach, dan Jamaica, Queens.

Terminal 4 dibuka untuk menggantikan Bangunan Kedatangan Internasional pada tahun 2001. Proyek tersebut menghabiskan $1.4 milyar. Terminal-terminal lain juga mulai dibangun ulang, seperti Terminal 1 (selesai pada tahun 1998), Terminal 7 (renovasi gedung pada tahun 1991 dan 2003), dan Terminal 8 dan 9 (segera akan dirobohkan dan dibangun ulang).

JFK merupakan salah satu bandara di Amerika Serikat yang ditutup sementara setelah serangan 11 September 2001.


Sumber : WIKIPEDIA

1 pendapat:

Anonim mengatakan...

Marilyn Monroe meninggal tahun 1962...JFK meninggal tahun 1963, satu tahun setelah kematian marilyn monroe yg lebih dulu. Gimana cara "satu minggu sebelum tewas ditembak, JFK bersama Marilyn Monroe??? Bersama hantunya atau bersama abu jenasahnya????

Posting Komentar